FLOWCHART LOOPING DAN SUBROUTINE DALAM KASUS ELEKTRONIKA YAITU PENGAMAN ID

Keamanan menjadi salah satu hal yang wajib diberikan perhatian seiring dengan kemajuan teknologi. Sistem keamanan yang canggih akan membuat pengguna merasa nyaman dan tidak cemas dalam hal kerugian kehilangan data mereka. Untuk alasan tersebutlah, kini banyak aplikasi yang telah menerapkan sistem keamanan yang dari waktu ke waktu semakin canggih. Salah satu contoh sistem keamanan yang sering digunakan adalah dengan password ID. Password ID ini telah banyak diterapkan di berbagai aplikasi seperti email ataupun sosial media dan juga mesin ATM yang memerlukan pencocokan user ID dan password sebagai sistem alat keamanan. Dari latar belakang tersebut, kami memperoleh ide untuk mengimplementasikannya melalui board Nuvoton NU_LB_NUC140 dengan software Keil µvision 4 sebagai tugas besar kuliah embedded ini. Ide pengimplementasian pengaman ID ini adalah dengan memanfaatkan array untuk pembuatan password dan pencocokan pembacaan array password. Selain itu digunakan ide interupsi timer untuk menghitung waktu pada tampilan seven segment. Realtime yang digunakan sebagai bagian dalam multithread pada sistem ini yaitu menggunakan interrupt timer.

Spesifikasi :

Spesifikasi sistem Pengaman ID ini terdiri dari 2 pilihan yaitu untuk mengakses akun pengguna dan untuk mengganti password akun pengguna. Password yang diakses sistem ini terdiri dari 4 buah digit panjangnya. Sistem ini dapat disetting untuk 9 buah akun pengguna, namun pada implementasinya hanya dibuat 2 buah akun pengguna, yaitu akun Okta dan akun Sakir. Ketika mengakses salah satu akun pengguna, jika password yang diinputkan salah, maka ada suatu peringatan salah password, yaitu buzzer yang menyala dan adanyacountdown delay selama 9 detik sebelum sistem kembali meminta akses ke suatu akun pengguna. Apabila password yang diinputkan benar, maka ada suatu penanda nyala LED RGB secara bergantian dan data akun pengguna yang diakses berupa nama dan nim akun pengguna. Setelah countdown 10 detik baru tampilan kembali ke menu pilihan. Sedangkan ketika mengakses ganti password, akan diminta pilihan akses akun pengguna sebelum diminta masukan password baru. Sistem Pengaman ID ini dibuat sistem real time dengan menggunakan interupsi timer, sehingga dapat dilakukan beberapa eksekusi thread secara bersamaan dengan sinkronisasi timer. Thread tersebut adalah scanning keypad, tampilan LCD,countdown timer, tampilan LCD, menyalakan buzzer dan menyalakan LED RGB yang dikerjakan secara bersamaan dan bergantin sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan.

Dari spesifikasi sistem diatas dapat dikelompokkan dalam 5 buah state, yaitu state Tampilan Utama yang terdiri dari 2 tampilan, akses akun dan ganti password, state User ID yang akan meminta pilihan untuk mengakses akun, state Password yang meminta pengguna menginputkan 4 buah digit untuk mengakses data akun pengguna, state Data yang akan menampilkan data akun pengguna serta state Ganti Password yang akan meminta pilihan akses akun pengguna sebelum meminta inputan 4 buah digit baru. Kelima buah state tersebut dapat diurutkan berdasarkan langkah kerja sistem Pengaman ID dalam bentuk flowchart atau diagram alir dan state diagram. Berikut ini adalah gambar diagram alir dan state diagram sistem Pengaman ID yang dibuat :

 

flowchart

Gambar Diagram Alir Sistem Pengaman ID

Refrensi : https://embedded.stei.itb.ac.id/category/uncategorized/

Leave your comment

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s