Sejarah Penamaan Versi pada Operating System (OS) Android

ImageSejarah Penamaan Versi OS Android. Android, ya nama ini memang tidak asing kan buat teman-teman? Ya Android memang sangat terkenal dan lagi ngetrend, bahkan bisa dikatakan menenggelamkan nama-nama terkenal kayak Windows Mobile, Symbian, Blackberry maupun iOS. Banyak sekali vendor/produsen ponsel smartphone sepeti Samsung, LG, Sony, Lenovo, Acer bahkan ponsel china & lokal menggandeng OS Android ini. Nah seperti halnya OS lainnya Android juga punya sejarah dalam pengembangannya dan penamaannya lho. Mau tau nggak??
Oke kita akan basa basi dulu sedikit ya. Ini berawal ditahun 2005 dibulan Juli ketika Google membeli/mengakusisi perusahaan yang waktu itu bernama Android sebuah perusahaan yang berkecimpung didunia mobile. Setelah diambil alih oleh Google, pada November 2007 Google mengumumkan bahwa mereka sedang mengembangkan ponsel Google dengan OS (Operating System) mobile terbaru yang mereka namai Android. OS Android ini sebenarnya didasarkan pada kernel Linux dan dirancang digunakan oleh Open Handset Alliance yang terdiri dari sekelompok puluhan pembuat hardware, carrier dan perusahaan terkait perangkat mobile lainnya.
 
Dengan mengikuti trend dan permintaan kemajuan pangsa pasar maka Google mengembangkan terus OS Android ini. Dalam pengembangan tersebut Google memulainya dengan tahap demi setahap terhadap versi dari OS Android tersebut. Berikut sejarah dan penamaan tiap versi Android yang dilakukan oleh Google.
 
Android versi 1.0 1.1 (No Name/Tanpa Nama)
Sistem operasi Android 1.0 hadir pada Oktober 2008. Sebagai produsen ponsel pertama yang menggunakana adalah HTC. Februari 2009 muncullah update pertama yang biasa disebut Android versi 1.1. Untuk selanjutnya Google pun menggunakan nama makanan desert dalam menamai versi Android agar orang mudah mengingat bahkan dalam penamaan itupun Google pun perpatokan pada urutan alfabet huruf .
 
Android 1.2 – 1.5 Cupcake
Android 1.2 - 1.5 Cupcake
Akhirnya sistem operasi Android benar-benar dipamerkan, dimulai dengan nama Android 1.5 Cupcake. Nama Cupcake sendiri diambil dari nama kue kecil yang sangat popular dengan bentuk dalam wadah/kemasan cetakan yang biasanya di sajikan dengan frosting  diatasnya. Dengan penamaan Cupcake ini maka penamaan dari versi Android dimulai.
 
 
 
 
 
 
 
Android 1.6 Donut
Android 1.6 Donut
Versi ini rilis sekitar September 2009. Pada versi Android 1.6 Donut ini memperbaiki bug OS yang sering reboot dengan fitur foto dan video dari kamera antarmuka dan integrasi pencarian yang lebih baik. Selain itu ditambahkan juga dukungan untuk ukuran layar yang lebih besar, dan diberi versi awal fitur navigasi turn-by-turn besutan Google. Untuk nama Donut diambil dari makanan atau kue yang ditengahnya ada lubang berbentuk lingkarannya, tentu kalian pasti mengenalnya kan hehe…
 
 
 
 
 
 
Android 2.0 – 2.1 Eclair
 
Android 2.0 - 2.1 Eclair
Android 2.0 Eclair dirilis pada Oktober 2009, dengan bugfix versi 2.0.1 pada Desember 2009.  Android 2.1 resmi dirilis pada Januari 2010. Fitur baru pada versi ini adalah adanya dukungan Bluetooth 2.1, flash dan kamera dengan digital zoom, multi-touch, live wallpaper dan lainnya. Eclair adalah makanan penutup yakni kue yang biasanya berbentuk persegi panjang yang dibuat dengan krim di tengah dan lapisan cokelat di atasnya.
 
Android 2.2 – 2.2.3 Froyo
 
Android 2.2 - 2.2.3 Froyo
Android 2.2 Froyo rilis Mei 2010 dengan update memperbaiki segi kecepatan dan pengadopsian Javascript dari browser Google Chrome dengan fitur-fiturnya. Nama Froyo diambil dari  kependekan dari Frozen Yoghurt yaitu yoghurt yang telah mengalami proses pendinginan sehingga terlihat seperti es krim.
 
 
 
 
 
Android 2.3 – 2.4 Gingerbread
Android 2.3 - 2.4 Gingerbread
Desember 2010 versi update terbaru Android muncul dengan nama Android 2.3 Gingerbread. Smartphone pertama yang memakai OS Android 2.3 Gingerbread ini adalah Nexus S yang dikeluarkan oleh produsen Samsung. Android 2.3 Gingerbread ini merupakan OS Android yang paling lama berkuasa bahkan sampai sekarangpun beberapa vendor masih mengeluarkan ponsel dengan versi ini. Adapun perbaikan di versi Gingerbread ini adalah tambahan fitur dukungan untuk SIP internet calling, kemampuan nirkabel NFC, dukungan untuk dual kamera, dukungan untuk sensor giroskop dan sensor lainnya, fitur download manager, sejumlah tweak untuk penggunaan di Tablet, dan lainnya. Nama Gingerbread diambil dari jahe atau cookie dengan rasa khas jahe yang biasanya berbentuk boneka mirip manusia
 
 
 
Android 3.0 – 3.2 Honeycomb
Android 3.0 - 3.2 Honeycomb
Untuk versi ini merupakan versi yang ditujukan untuk gadget Tablet. Android Honeycomb rilis pada Februari 2011, kemudian upgrade ke versi 3.1 dan 3.2. Nama Honeycomb adalah sereal manis yang terbuat dari jagung dengan rasa madu yang berbentuk sarang lebah, makanan ini yang populer sejak tahun 1965.
 
 
 
Android 4.0 Ice Cream Sandwich
Android 4.0 Ice Cream Sandwich
Android Ice Cream Sandwich atau biasa dikenal dengan nama Android 4.0 ICS adalah versi terbaru Android yang sangat mendukung baik untuk smartphone, tablet, dan lainnya. Android ini rilis pada 19 October 2011. Yang baru dalam android ini adalah perubahan interface dari android sebelumnya, antara lain pengoptimalan multitasking, variasi layar beranda yang bisa disesuaikan dan interaktivitas mendalam serta cara baru yang ampuh untuk berkomunikasi dan berbagi konten. Nama Ice Cream Sandwich diambil dari makanan dimana lapisan es krim yang biasanya berupa vanila yang terjepit antara dua cookies coklat, dan biasanya berbentuk persegi panjang.
 
 
Android 4.1 – 4.2 Jelly Bean
Android 4.1 - 4.2 Jelly Bean
Android 4.1 Jelly Bean diumumkan pada 27 Juni 2012 pada konferensi Google l/O yang secara resmi dikenalkan ke publik sekitar Oktober 2012. Versi ini adalah yang tercepat dan terhalus dari semua versi Android. Fitur baru yang terapat di versi ini adalah meningkatkan kemudahan dan keindahan tampilan dari Ice Cream Sandwich dan memperkenalkan pengalaman pencarian Google yang baru di Android. Android 4.2 Jelly Bean juga  menawarkan peningkatkan kecepatan dan kemudahan Android 4.1 serta mencakup semua fitur baru seperti Photo Sphere dan desain baru aplikasi kamera, keyboard Gesture Typing, Google Now dan lainnya. Untuk nama Jelly Bean pasti semua tahu kan, ya nama ini diambil dari sejenis permen yang juga populer disebut kacang jeli.
 
 
 
 
Android 4.3 KitKat
Android 4.3 KitKat
Untuk Android ini memang belum meluncur meski di awal rumor bahwa Android 4.3 akan dinamai dengan nama Key Lime Pie , ternyata tidak jadi. Nama yang sebenarnya akan di gunakan untuk brand Android 4.3 adalah KitKat. Tau kan nama KitKat, ya sebuah coklat yang jangan popular didunia.
 
Nah mungkin ini dulu ya? berhubung info untuk Android 4.3 belum launch mungkin hanya itu yang bisa sampaikan. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan tentang versi-versi dari OS  Android ini
 

Leave your comment

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s