Nasib Sekolahku

Maca-Maca Definisi dan Pengertian Pendidikan

 

pendidikan1Menurut Kamus Bahasa Indonesia, 1991:232, Pendidikan berasal dari kata “didik”, Lalu kata ini mendapat awalan kata “me” sehingga menjadi “mendidik” artinya memelihara dan memberi latihan. Dalam memelihara dan memberi latihan diperlukan adanya ajaran, tuntutan dan pimpinan mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran.

Menurut UU No.20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional, Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Menurut bahasa Yunani : pendidikan berasal dari kata “Pedagogi” yaitu kata “paid” artinya “anak” sedangkan “agogos” yang artinya membimbing “sehingga ” pedagogi” dapat di artikan sebagai “ilmu dan seni mengajar anak”.

Dari pernyataan diatas dapat di tarik kesimpulan bahwa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran atau pelatihan agar peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi dirinya supaya memiliki kekuatan spiritual keagamaan, emosional, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Berikut ini penulis akan menampilkan video tentang potret wajah pendidikan di indonesia

Kesimpulan Video 

bahwa Untuk sekarang ini indonesia sedang dilanda kemiskinan, dan kurangnya pemerataan kesejahteraan rakyat sehingga untuk membangaun fasilitas seperti transportasi,rumah sakit,sekolah yang layak dll belum bisa terpenuhi semuanya. Tidak seperti di ibukota dan kota-kota besar diseluruh indonesia, nasib pendidikan didaerah terpencil kondisinya sangat memprihatinkan seperti sekolah berdinding kayu, berlantai tanah, lemari kelas yang rusak, dan peralatan penunjang untuk mengajar sangat terbatas. Bukan hanya masalah fasilitas sekolah tetapi tenanga pengajar yang sangat sedikit karena pemerintah kurang memperhatikan kesejahteraan para guru,mereka hanya mendapatkan gaji sebulan 200 ribu Rp, itupun baru dibayarkan setelah 3bulan. Belum lagi karena masalah transportasi yang terbatas dan sangat mahal membuat para siswa harus berjalan kaki dari rumah menuju kesekolahnya masing-masing.

pendidikan indonesia

Saran

pemerintah harus lebih serius menangani masalah rakyatnya, kalau bisa harus terjun langsung kelapangan terutama masalah pendidikan karena masih banyak infrastruktur untuk pendidikan yang belum memadai seperti masalah gedung-gedung sekolah yang sudah jauh dari kata layak dipakai untuk proses blajar mengajar, rusaknya fasilitas sekolah, dan belum adanya pemerataan kesejahteraan bagi guru diindonesia. kalau sudah seperti ini bukan tidak mungkin indonesia akan menjadi negara yang terbelakang dan negara ini akan dijajah oleh bangsa lain dikarenakan rakyatnya tidak pernah sekolah.

Leave your comment

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s