AIR SEBAGAI SUMBER DAYA ALAM

Pengertian Sumberdaya Alam       

Sumber daya alam adalah sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan hidup di bumi. Sumber daya alam bisa terdapat di mana saja seperti di dalam tanah, air, permukaan tanah, udara, dan lain sebagainya. Contoh dasar sumber daya alam seperti barang tambang, sinar matahari, tumbuhan sebagainya. Dan kali ini penulis akan membahas mengenai AIR SEBAGAI SUMBER DAYA ALAM.Mata Air

Pengertian Sumberdaya Air 

Air adalah semua air yang terdapat di atas maupun di bawah permukaan tanah. Air dalam pengertian ini termasuk air permukaan, air tanah, air hujan dan air laut yang dimanfaatkan di darat. Sedangkan pengertian sumberdaya air adalah air dan semua potensi yang terdapat pada air, sumber air, termasuk sarana dan prasarana pengairan yang dapat dimanfaatkan, namun tidak termasuk kekayaan hewani yang ada di dalamnya. Berikut ini adalah video tentang Petualangan Banyu bersama Titik Air.

Siklus AirDari video diatas penulis menyimpulkan bahwa proses terjadinya air itu butuh waktu yang cukup lama, mulai dari proses penguapan (evaporasi) akibat dari panas matahari, kemudian uap air tersebut akan terkumpul di udara yang mengalami pemadatan (kondensasi). Hasil dari kondensasi tersebut kemudian dikenal dengan sebutan awan. Awan akan bergerak akibat hembusan angin dan membuatnya saling bertindihan dan terus keatas hingga mencapai atmosfer yang memiliki suhu yang lebih dingin, sehingga membentuk butiran-butiran air dan jatuh ke permukaan bumi atau bisa disebut proses hujan. Hujan tersebut diserap oleh pepohonan disekitarnya dan butuh waktu berbulan2 hingga sampai di goa dan butuh bertahun-tahun untuk sampai ke mata air yang  bisa dimanfaatkan untuk mahkluk hidup. Karena air adalah sumber dari kehidupan mahluk hidup di bumi ini maka sudah sewajarnyalah kita harus menjaga dan merawatnya, jangan melakukan ilegaloging secara membabi buta karena dengan begitu air hujan tidak akan bisa terserap oleh akar pepohonan dan akan mengakibatkan banjir, tanah longsor dan bencana alam lainnya.

Pesan dari video ini adalah:

  1. Hematlah air dengan memakai air secukupnya                        Sumber air minum
  2. Berhenti membuang sampah ke sungai
  3. Lindungi pepohonan di hutan
  4. Menanam pepohonan dirumah

Leave your comment

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s