Pendekatan Kesusastraan

pengertian Sastra

Sastra berasal dari kata castra berarti tulisan. Dari makna asalnya dulu, sastra meliputi segala bentuk dan macam tulisan yang ditulis oleh manusia, seperti catatan ilmu pengetahuan, kitab-kitab suci, surat-surat, undang-undang, dan sebagainya.Sastra dalam arti khusus yang kita gunakan dalam konteks kebudayaan, adalah ekspresi gagasan dan perasaan manusia. Jadi, pengertian sastra sebagai hasil budaya dapat diartikan sebagai bentuk upaya manusia untuk mengungkapkan gagasannya melalui bahasa yang lahir dari perasaan dan pemikirannya.

Jenis-jenis sastra

Sastra (bahasa sangsekerta shastra) menupakan kata serapan yang mengandung instruksi atau pedoman, secara etimologi (asal usul kata) sastra ada bahasa yang indah atau tulisan yang indah. Secara umum jenis jenis sastra terbagi menjadi enam jenis yaitu :

  1. Novel

Novel merupakan karya sastra fiksi atau karangan isinya biasanya berisi tentang cerita cinta, atau cerita misteri, penulis novel disebut novelis

index

  1. Cerpen

Cerpen merupakan jenis sastra karya tulis yang menggambarkan kejadian singkat, cepat pada tujuannya, cerpen merupakan hasil paralel dari tradisi penceritaan lisan.

Contoh cerpen:

images10

  1. Syair

Syair merupakan puisi atau karangan dalam bentuk terikat yang mementingkan irama sajak. Biasanya terdiri dari 4 baris, berirama aaaa, keempat baris tersebut mengandung arti atau maksud penyair (pada pantun, 2 baris terakhir yang mengandung maksud).

Contoh syair :

images14

  1. Pantun

salah satu jenis puisi lama , lazimnya pantun terdiri atas empat larik (atau empat baris bila dituliskan), bersajak akhir dengan pola a-b-a-b dan a-a-a-a (tidak boleh a-a-b-b, atau a-b-b-a).

index4

index55. Drama

Satu bentuk karya sastra yang memiliki bagian untuk diperankan oleh aktor. Drama juga terkadang dikombinasikan dengan musik dan tarian, sebagaimana sebuah opera.

 

 

 

 

  1. Puisi

Puisi merupakan tulasan yang menggambarkan perasaan, baik suka duka atau bahagia, dalam penulisan puisi tidak beraturan, kadang-kadang puisi ditulis hanya beberapa kalimat yang diulang-ulang, yang selalui disisipkan majas yang membuat puisi itu semakin indah.8

contoh puisi :

Pengertian Seni

pengertian Seni berasal dari kata SANI yang artinya Jiwa Yang Luhur/ Ketulusan jiwa. Jadi seni itu adalah keahlian untuk membuat suatu karya dari ekspresi dalam diri seseorang (seniman). Karena seni adalah ekspresi yang sifatnya tidak normative maka seni lebih mudah untuk berkomunikasi. Karena tidak normative, nilai-nilai yang disampaikannya lebih fleksibel, baik isinya maupun cara penyampaiannya.

Seni dibagi 4 jenis :

1. Seni Musik adalah curahan perasaan seseorang yang dituangkan dalam bentuk nada dan syair yang indah. Seni musik juga dapat diartikan sebagai bagian dari aktivitas kultur dan sosial manusia , dimana seni music digunakan untuk mengekspresikan perasaan dan idenya. Dalam Seni Musik terdapat 2 (dua) unsur yaitu :

–          Vocal adalah alunan nada-nada yang keluar dari suara manusia.

–          Instrument adalah nada-nada yang keluar dari alat musik yang digunakan.      

2. Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika. Dalam seni rupa terdapat tiga kategori yaitu:

–          Seni rupa murni

–          Seni rupa kriya

–          Seni rupa desain

3. Seni Drama adalah curahan perasaaan seseorang yang dituangkan dalam bentuk gerak bercerita yang diramu dengan musik yang sesuai. Di Indonesia, pertunjukan sejenis drama mempunyai istilah yang bermacam-macam, seperti:

–          Wayang orang

–          Ketoprak

–          Ludruk (di Jawa Tengah dan Jawa Timur)

–          Lenong (Betawi)

–          Randai (minang)

–          Reog (Jawa Barat)

–          Rangda (Bali) dan sebagainya.

4.  Seni Tari adalah curahan perasaan seseorang yang dituangkan dalam bentuk gerak anggota badan yang teratur dan berirama. Unsur-unsur tari terbagi menjadi 3 yaitu:

–          WIRAGA yaitu gerak utama dalam tari

–          WIRAMA yaitu irama yang menyatu dengan tarian

–          WIRASA yaitu penghayatan penari terhadap gerak tari yang dilakukan

index7

didalam dunia sastra ada mempunyai 3 peranan yang penting yaitu sebagai berikut:

  1. Alasan pertama, karena sastra mempergunakan bahasa, sementara itu bahasa mempunyai kemampuan untuk menanpung hampir semua pertanyaan kegiatan manusia.
  2. Sastra juga lebih mudah berkomunikasi, Karen pada hakekatnya karya sastra adalah penjabaran abstraksi, sementara itu filsafat, yang juga mempergunakan bahasa, adalah abstraksi cinta kasih, kebahagiaan, kebebasan, dan lainya yang digarap oleh filsafat adalah abstrak.  Sifat abstak inilah yang menyebabkan filsafat kurang berkomunikasi.
  3. Sastar juga didukung oleh cerita. Dengan cerita orang lebih mudah tertarik, dan dengan cerita orang lebih mudah mengemukakan gagasan-gagasannya dalam bentuk yang tidak normative. Cabang-cabang sini yang lain juga dapat menarik tanpa cerita, akan tetapi sulit bagi penciptanya mengemukakan gagasanya.  Dalam music misalnya penciptanya terbawa suasna  oleh melodinya.

Leave your comment

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s