SOSIAL MEDIA dan SOSIAL NETWORK

SOSIAL MEDIA

PENGERTIAN SOSIAL MEDIA

Sosial Media (Media Sosial) adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi melalui blog, jejaring sosial (Sosial Network), wiki, forum dan dunia virtual. Pendapat lain mengatakan bahwa media sosial adalah media online yang mendukung interaksi sosial dan media sosial menggunakan teknologi berbasis web yang mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif.

Menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlein media sosial adalah sebagai “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content”.

Secaara garis besar sosial media dapat disimpulkan sebagi suatu yang menggabungkan teknologi yang lebih mengacu kepada teknologi internet untuk menghubungkan orang satu ke yang lain dan menciptakan sebuah interaksi.

Conto-contoh Aplikasi Sosial Media

1. Multimedia

Salah satu pengaplikasian New Media adalah dengan Multimedia. Multimedia dapat menyediakan suatu media yang dapat mengerjakan segala sesuatu secara berbeda-beda. sebagai contoh multimedia adalah mengabungkan suatu video dengan suatu audio atau teks digital dan buat menjadi berbagai format yang tersedia agar menghasilkan suatu media baru. salah satu software multimedia tersebut adalah Adobe After Effect, Windows Movie Maker, dll.

2. Social Networking

Salah satu pengaplikasian Social Networking yang menyediakan aplikasi-aplikasi tersendiri untuk pengguna yang telah terdaftar sebagai member/user agar dapat digunakan pengguna untuk berinteraksi dengan pengguna lain diseluruh dunia baik itu dalam menjalin pertemanan, bisnis, organisasi, dll. penyedia Social Networking juga menyediakan sistem privasi tersendiri yang dapat diatur sesuai keinginan pengguna tersebut agar aman dan nyaman, seperti user id, password, tampilan profile, dll.

3. Smart Phone/Android

Salah satu pengaplikasian New Media adalah dengan Smart Phone/Android. Smart Phone/Android akhir-akhir ini menjadi suatu media berkembang sangat pesat. Sebagai contoh Blackberry, iPhone, Samsung Galaxy adalah suatu produk yang mengaplikasikan New Media layaknya suatu komputer dalam genggaman. Mereka menyediakan aplikasi tersendiri yang telah dibuat dan disesuaikan dengan format yang bisa dioperasikan pada Smart Phone/Android tersebut.

SOSIAL NETWORK

PENGERTIAN SOSIAL NETWORSocial networking atau yang sering disebut jejaring sosial adalah suatu situs yang mempermudah seseorang untuk melakukan suatu hubungan dengan orang lain melalui situs jejaring sosial yang ada di internet. social networking ini bisa di akses kapanpun dan oleh siapapun. Manusia sangat memerlukan  social networking untuk melakukan suatu hubungan yang memilika manfaat tersendiri bagi pelakunya. Sangat diperlikan untuk melakukan suatu hubungan dengan orang lain yang berjarak jauh dan memerlukan suatu media komunikasi yang cepat,tepat,dan akurat untuk melakukan suatu hubungan komunikasi.

Contoh dari Social Networking antara lain :

1. Facebook 

Facebook atau sering dikenal masyarakat Fb ini angat diminati oleh banyak masyarakat di dunia. Diperkirakan saat ini jumlah penggunanya mencapai 200,000,000 orang di seluruh dunia dan akan terus berkembang.

2. Friendster

Friendster atau Fs ini dulu pernah menjadi salah satu situs terpopuler di Indonesia, tapi walaupun sekarang telah        digeser oleh Facebook. Penggunanya di seluruh dunia diperkirakan mencapai 90,000,000.

3. hi5

Situs hi5 ini sangat populer di beberapa negara di Asia tapi kurang populer di negara barat seperti Amerika Serikat. Jumlah penggunanya saat ini diperkirakan mencapai 80,000,000.

4. Multiply

Di negara Amerika Serikat situs ini tidak populer namun di Indonesia khususnya situs ini banyak dikenal dan diisi untuk meningkatkan jaringan. Penggunanya diperkirakan sudah mencapai sekitar 10,000,000.

5. My space

MySpace merupakan situs jejaring sosial yang memiliki jumlah pengguna terbesar di dunia. Diperkirakan saat ini jumlahnya mencapai 253,145,404.

PERBEDAAN DARI SOSIAL MEDIA DAN SOSIAL NETWORK

 

perbedaan dari sosial media dan sosial network itu sendiri adalah sebagai berikut :

  1. Sosial Media adalah media yang menggabungkan teknologi yang lebih mengacu kepada teknologi internet untuk menghubungkan orang satu ke yang lain dan menciptakan sebuah interaksi.
  2. Sedangkan untuk sosial Network itu sediri adalah suatu situs yang mempermudah seseorang untuk melakukan suatu hubungan dengan orang lain melalui situs jejaring sosial yang ada di internet. social networking ini bisa di akses kapanpun dan oleh siapapun. Manusia sangat memerlukan  social networking untuk melakukan suatu hubungan yang memilika manfaat tersendiri bagi pelakunya. Sangat diperlikan untuk melakukan suatu hubungan dengan orang lain yang berjarak jauh dan memerlukan suatu media komunikasi yang cepat,tepat,dan akurat untuk melakukan suatu hubungan komunikasi.

SUMBER:

http://ptkomunikasi.wordpress.com/2012/06/11/pengertian-media-sosial-peran-serta-fungsinya/

http://illuminados-core.blogspot.com/2012/10/konsep-dasar-new-media-dan-contoh.html

http://rikacemplugg.blogspot.com/2011/05/pengertian-social-networking.html

Leave your comment

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s